Tips Untuk Membersihkan Telingan Dengan Baik dan Benar

Tips Untuk Membersihkan Telingan Dengan Baik dan Benar - Rasa gatal dari telinga kita ingin rasanya membersihkannya, baik ada kotoran di telinga ataupun tidak. Tetapi jika terlalu sering membersihkan telinga juga akan tidak baik untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa cara untuk membersihkan telinga dengan baik dan benar menggunakan cairan pembersih babby oil dengan menggunakan kapas.



1. Hindari membersihkan telingan sampai ke liang telingan. Apalagi jika anda membersihkannya dengan cotton bud, cukup bersihkan saja hingga sebatas daun telingan saja. Atau jika membersihkan telalu dalam hingga ke liang telinga, kotoran justru akan terdorong semakin dalam, lalu nantinya hal yang akan terjadi kotoran akan menumpuk.

2. Jika telingan anda terasa gatal, berilah carian khusus pembersih telingan, anda bisa mendapatkannya di apotek. Cairan tersebut nantinya akan mengeras dan akan keluar dengan sendirinya.

3. Jika anda merasa sulit mencari cairan khusus pembersih telingan. Anda juga bisa menggunakan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air hangat, lalu anda peras dan untir sehingga membentuk kerucut dan bersihkan bagian telinga yang terasa gatal tersebut.

4. Jika pada telingan anda terdapat kotoran yang sudah menggumpal keras, anda bersihkan dengan cotton bud yang salah satu ujungnya berbentuk kail. Perlu anda ingat, jangan sekali-kali menggunakan alat yang terbuat dari logam.

5. Jika Permasalahan pada telinga anda belum kunjung teratasi, ada baiknya anda konsultasi ke dokter yang berpengalaman. Hindari membersihkan telingan terlalu sering. Karena jika anda membersihkan telingan terlalu sering dirangsang, kelendar minyak pencegah masuknya kotoran dari luar, yang terletak di sepertiga bagian luar telinga yang berbulu, malah nantinya akan mengeluarkan minyak berlebihan.

Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar.

Itulah tips untuk membersihkan telinga secara baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Baca juga Tips Mengatasi Infeksi pada Telinga